Waktu Terbaik Menyiram Tanaman

Air merupakan komponen penting agar tanaman dapat hidup dan tumbuh. Tanpa air, proses kimia-fisika-biologis di dalam tanaman tidak akan berfungsi sehingga tanaman akan mati. Maka dari itu proses penyiraman harus dilakukan pada waktu tertentu ketika tanaman terlihat mulai stress akibat kekeringan. Tapi tahukah anda? ternyata pemilihan waktu penyiraman juga menentukan tanaman agar tumbuh lebih optimal. Ada banyak pertimbangan mengapa waktu penyiraman harus dilakuka, diantaranya agar daya simpan air pada tanah lebih lama, mengindari serangan penyakit dan mengoptimalkan penyerapan pupuk.
waktu terbaik menyiram tanaman

Kapan Waktu Terbaik untuk Menyimam Tanaman?

Pertanyaan di atas sebenarnya memiliki dua jawaban, yaitu

Penyiraman Tanaman pada Pagi Hari

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari saat matahari belum meninggi. Tujuannya yakni untuk mengurangi penguapan dan vigor tanaman masih sangat baik. Vigor tanaman yang baik akan meningkatkan laju penyerapan nutrisi dari dalam tanah yang ikut terserap bersama air oleh akar. Penyiraman di pagi hari juga akan membuat air lebih optimal terserap di dalam tanah sehingga tersedia untuk tanaman sepanjang hari sehingga tanaman dapat bertahan lebih baik menghadapi sengatan sinar matahari. Jam terbaik untuk meyiram adalah pada pukul 7.00 - 9.00.

Penyiraman Tanaman pada Sore Hari

Jika Anda menyiram sayuran di sore hari maka panas terik matahari seharusnya sudah berkurang tetapi masih ada cukup sinar matahari yang tersisa untuk mengeringkan embunan sisa penyiraman yang menempel pada bagian tanaman sebelum malam tiba.
Penyakit embun tepung akibat menyiram terlalu malam
Hal ini dikarenakan daun yang terlalu lembab di malam hari akan mendorong masalah jamur seperti embun tepung (powdery mildew) yang dapat membahayakan tanaman sayuran. Jam terbaik untuk menyiram tanaman di sore hari yakni sekitar pukul 16.00-17.00.

Tapi jika menggunakan sistem irigasi tetes, maka penyiraman dapat dilakukan pada malam hari karena penyiraman langsung akar dan daun tidak basah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waktu Terbaik Menyiram Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel