Pilihan Tanaman Terbaik Untuk Ditanam Secara Hidroponik

Semua jenis sayuran umumnya cocok ditanam secara hidroponik, namun ada beberapa pertimbangan mengenai alasan kami memilih topik pada judul di atas. Menanam secara hidroponik tidak boleh sembarangan tapi harus melalui perhitungan dan pertimbangan yang tepat mengingat cost atau biaya produksi yang dikeluarkan cukup mahal.

Daftar pilihan sayuran rekomendasi untuk ditanam secara hidroponik sudah kami sajikan di bawah ini. Pertimbangan kami untuk memilihi jenis-jenis sayuran pilihan tersebut insyaAllah sesuai dengan nilai ekonomis sayuran, umur panen dan kemudahan dalam perawatan yang pada akhirnya petani hidroponik bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Sayuran yang cocok untuk ditanam secara hidroponik

Daftar Tanaman Yang Direkomendasikan Untuk Hidroponik

Selada

Selada merupakan sayuran pilihan terbaik untuk ditanam secara hidroponik. Pasar terbesar tanaman selada yakni untuk supermarket, restoran dan produsen salad olahan. Perawatan selada  hidroponik sangat mudah dilakukan karena sangat jarang terjadi serangan hama. Selain itu konsentrasi nutrisi untuk menumbuhkan selada hidroponik tidak terlalu banyak, hanya 800 ppm yang artinya dapat menghemat biaya pembelian pupuk AB Mix. Selada hijau, Romaine lettuce, lolo rosa merupakan jenis selada yang paling dicari oleh pasar dan dapat dipanen pada umur 45 hari.
Selada hidroponik

Sayuran Hijau

Sama seperti selada, sebagian besar sayuran berdaun hijau bisa tumbuh dengan sangat baik pada sistem hidroponik. Sayuran hijau hidroponik yang paling banyak diminati pasar yakni bayam, pakcoy, sawi caisim, kale dan kangkung. Beberapa sayuran hijau yang sudah disebutkan memiliki pasar yang sangat luas mulai dari pasar retail supermarket, restoran hingga rumah tangga.

Keuntungan menanam sayuran hijau secara hidroponik sangat banyak, diantaranya kemudahan dalam proses perawatan, umur panen yang singkat kurang dari 30 hari serta harga pasaran yang relatif stabil yakni antara 20-45 ribu per kilogram.
sawi, caisim, pakcoy
Panen kangkung

Kailan

Tren pasar tanaman kailan hidroponik selalu meningkat dari tahun ke tahun dan membuatnya menjadi primadona bagi petani hidroponik. Kailan merupakan jenis sayuran yang tahan panas sehingga sangat cocok untuk ditanam pada daerah tropis seperti di Indonesia. Daun kailan berwarna hijau dengan bentuk lebar dan tebal mengeriput. Sayuran satu ini memiliki ruas yang pendek dan bunga berwarna putih. Pada sistem hidroponik kailan dapat ditanam secara hidroponik dan dipanen setelah berumur 45 hari.
Kailan hidroponik

Tomat Ceri

Tomat ceri merupakan tanaman buah yang cocok untuk hidroponik. Rasa buah tomat ceri sangat manis dan berbentuk kecil seperti ceri membuat tomat ceri sangat digandrungi oleh konsumen sebagai buah meja dan bahan salad.
tomat ceri hidroponik
Tomat ceri hidroponik
Tomat ceri  sangat disukai pasar serta cukup mudah ditanam pada sistem hidroponik dengan sistem dutch bucket. Tanaman buah sayuran ini memiliki umur panen yang cukup singkat yakni sekitar 65-90 hari setelah tanam. Industri pasar untuk tomat ceri biasanya dijual untuk retail, rumah tangga dan produsen sayuran buah olahan.

Sekian artikel mengenai "Pilihan Tanaman Terbaik Untuk Ditanam Secara Hidroponik", semua informasi di atas diperoleh berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami berkebun secara hidroponik di Ceria Hydrofarm Palembang.  Jika terdapat rekomendasi sayuran yang harus ditambahkan pada artikel di atas silahkan hubungi kami pada form kontak atau langsung berkomentar di bawah ini. Salam hydro!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pilihan Tanaman Terbaik Untuk Ditanam Secara Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel