Jawaban Atas Video Viral Telur dan Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman

Baru-baru ini terdapat video viral mengenai penggunaan pisang dan telur yang dikubur bisa untuk menyuburkan tanaman. Setidaknya sampai artikel ini ditulis, video yang diunggah dengan nama akun YtCrash News tersebut menduduki peringkat #3 trending di youtube dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali. Jadi apa yang istimewa dari video tersebut? apakah manfaat mengubur pisang dan telur di tanah efeknya memang luar biasa terhadap tanaman? atau netizen hanya terpengaruh terhadap judul clickbait yang diunggah oleh akun tersebut? jawaban  ilmiahnya akan anda temukan di artikel ini.
Penjelasan video viral pisang dan telur yang dikubur

Penjelasan Tentang Video Viral, Telur dan Pisang yang Dikubur Kok Bisa Membuat Tanaman Lebih Subur?

Bagi orang awam bisa jadi trik mengubur telur dan pisang untuk menyuburkan tanaman nampaknya sangat aneh, namun faktanya telur dan pisang memang memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan agar tanaman tumbuh lebih subur. Sebenarnya video asli mengenai manfaat telur dan pisang ini diunggah pertama kali oleh akun Gary Pilarchik (The Rusted Garden), seorang vlogger dan pakar pertanian dari Amerika Serikat. Video tersebut memperlihatan bagaimana pengaruh telur dan pisang utuh yang dikubur untuk menyuburkan tanaman tomat. Triknya sederhana, telur dan pisang yang dikubur akan mengalami proses pembusukan dari waktu ke waktu dan menjadi kompos yang menjadi pupuk untuk tanaman tomat.

Kandungan Unsur Hara Pada Telur dan Pisang

Pisang dan telur yang telah menjadi kompos mengandung banyak unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Misalnya pada kulit pisang setidaknya mengandung unsur hara kalium (K) yang cukup tinggi. Buah pisang juga mengandung unsur fosfat (P), kalsium (Ca), magnesium (Mg), sulfur (S), mangan (Mn) serta beberapa vitamin. Sedangkn telur mengandung unsur kalsium yang tinggi, fosfor, nitrogen, magnesium, seng dan juga tembaga. Untuk referensi mengenai fungsi dari unsur unsur tersebut dapat anda baca di artikel Fungsi dan Defisiensi Setiap Unsur Hara (Edisi AB Mix)

Cara Memanfaatkan Telur dan Pisang Yang Dikubur Sebagai Pupuk Kompos

Pada penjelasan di video, telur dan pisang dikubur sedalam 15 inci pada media tanah yang akan ditanam tomat. Namun tomat tidak secara langsung ditanam sesaat setelah pisang dan telur dikubur. Ada jeda waktu antara 3-6 bulan sebelum tomat ditanam. Hal tersebut bertujuan agar kedua bahan tadi mengalami proses dekomposisi di dalam tanah dan menjadi kompos. Setelah telur dan pisang terdekomposisi sempurna, maka unsur hara pada kompos dapat diserap langsung oleh akar tanaman dan menyebabkan pertumbuhan tanaman lebih optimal. Baca juga artikel mengenai Membuat Pupuk Cair Booster Tanaman

Kesimpulan

Telur dan Pisang memang memiliki kandungan unsur hara untuk menyuburkan tanaman. Bahan apapun selama itu bersifat organik jika dikubur akan mengalami proses dekomposisi menjadi pupuk kompos. Selain pisang, limbah dapur atau pasar seperti sayuran, sisa makanan dan lain-lain apabila dikomposkan juga memiliki manfaat untuk menyuburkan tanaman. Jadi, itulah Jawaban Atas Video Viral Telur dan Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman. Apabila anda punya saran atau pertanyaan mengenai pertanian, silahkan hubungi melalui laman kontak yang telah disediakan di bagian bawah blog ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Atas Video Viral Telur dan Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel