Manfaat MSG atau Ajinomoto Sebagai Penyubur Tanaman

Monosodium glutamat atau MSG merupakan bahan penyedap rasa yang digunakan untuk makanan.  Micin, ajinomoto dan sasa adalah bahasa umum MSG yang sering kita jumpai sehari-hari.

Namun tahukah anda bahwa faktanya MSG tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap rasa, tapi juga sebagai plant booster. Plant booster berfungsi untuk mendorong kesuburan tanaman setelah dipupuk.

Baca juga

Pengenalan MSG Sebagai Pupuk Booster

Pada tahun 1998, sebuah perusahaan Amerika telah mengeluarkan produk pertanian berbasis MSG (monosodium glutamate) sebagai bahan utama. Produk ini diberi label AuxiGro dan disebut dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Menurut informasi tanaman yang disemprot dengan AuxiGro akan tumbuh 2-5 kali lebih tinggi dari tanaman yang tidak disemprot AuxiGro.
Keterangan Label pada Pupuk AuxiGro

Mekanisme Kerja MSG di AuxiGro yakni ketika disemprotkan ke tanaman akan memberikan fake signal seolah-olah tanaman mengalami stress. Akibatnya, tanaman akan bereaksi dengan menyerap nutrisi tambahan di dalam tanah. Hasilnya ternyata positif, tanaman akan menghasilkan tunas baru, daun lebih lebar serta ukuran batang dan buah lebih besar.

Bahan MSG Alternatif - Ajinomoto

Meskipun AuxiGro sangat langka di pasaran, kita dapat menggantiya dengan Ajinomoto sebagai bahan alternatif. Di Indonesia, merek Ajinomoto sudah sangat terkenal sebagai bahan penyedap agar rasa masakan lebih gurih.

Efek yang timbul setelah tanaman disemprot dengan MSG dapat meningkatkan bobot buah, jumlah bunga serta pada tanaman sayuran dapat meningkatkan bobot sayur hingga 2 kali lipat.

ajinomoto
Tanaman Lebih Subur dengan Pemberian MSG

Dosis dan Cara Aplikasi Ajinomoto ke Tanaman

Ada 2 metode Cara Mengaplikasikan Ajinomoto atau MSG ke tanaman

Metode pertama

Ambil sebanyak 1 sendok teh (5 gram) Ajinomoto untuk setiap tanaman, kemudian taburkan merata di sekitar perakaran lalu siram dengan air.

Metode kedua

Untuk tanaman sayuran seperti bayam, cabe dan tomat, Ambil 1 sendok makan (15 gram) Ajinomoto ditambah 5 Liter air kemudian diaduk sampai larut. Kocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml dan demprot pada batang dan daun setiap 1-2 minggu sekali.

Untuk pohon tanaman buah dengan umur satu tahun ke atas ambil 5 sendok makan (75 gram) Ajinomoto ditambah 1 Liter air diaduk sampai larut. Lalu kocorkan dan semprot ke bagian batang dan daun setiap 1-2 minggu sekali. Hasilnya tanaman akan lebih cepat berbuah.

Pengaruh Nyata Pemberian MSG atau Ajinomoto pada Tanaman Akan Nampak Setelah 1 Minggu

Efek pemberian MSG biasanya akan mulai nampak seminggu setelah penyiraman atau penyemprotan dilakukan. Tunas baru akan mulai muncul, bunga-bunga yang tidak pernah mekar akan mulai mekar, pada sayuran akan nampak terlihat bagian tubuh tanaman akan lebih besar dan pertumbuhannya juga relatif cepat. Jadi tuggu apalagi, selamat mencoba di rumah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Manfaat MSG atau Ajinomoto Sebagai Penyubur Tanaman"

  1. Penggunaan MSG sebagai booster tanaman apa ada efeknya bagi konsumen? Maksudnya, efek negatifnya. Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap mikro organisme yang ada di sekitar tanaman? Butuh banget nih informasi sebanyak-banyaknya tentang penggunaan MSG untuk tanaman. Trims

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel