Kenapa Semut Sering Berkumpul di Tanaman Cabai?

Jika anda masuk ke halaman ini dan penasaran dengan judul yang saya bagikan bisa jadi anda merupakan salah satu korban yang tanaman cabenya dihinggapi semut. Akhir-akhir ini saya sering aktif di forum petani cabai pekarangan dan yang seringkali saya dengar keluhan mereka kurang lebih sama seperti ini:
Semut suka hinggap di tanaman cabe, ada solusinya?  daunnya juga keriting gara-gara semut (?)
Artikel ini selain untuk menjawab pertanyaan di atas juga untuk meluruskan anggapan bahwa semut tidak menyebabkan daun cabe keriting. Semut tidak berbahaya bagi tanaman, yang berbahaya adalah teman simbiosis yang mengundangnya yakni kutu daun. Masalah datangnya semut pada tanaman cabe disebabkan embun madu yang disekresikan oleh aphid dan sebagai gantinya, semut akan menjaga aphid dari serangan predator. Lebih lengkapnya silahkan membaca artikel yang sudah saya tulis di bawah ini.
semut bikin cabe keriting
Semut hinggap pada tanaman cabe

Mengenal Hama Kutu Daun, Temannya Para Semut

Nama spesies: Aphis spp., Myzus persicae
Bagian tanaman yang diserang: Daun, batang, bunga dan buah muda.
Gejala: Daun menjadi melengkung, keriting, gugur, gejala paling parah mengakibatkan daun kuning keriting (Virus CMV)

kutu daun menyebabkan daun cabe keriting
Siklus hidup kutu daun, source: wikipedia
Diketahui ada lebih dari 80 spesies kutu daun yang dapat menyerang tanaman cabe. Secara umum, ukuran kutu daun sangat kecil namun masih kasat mata, berwarana hijau, kuning hingga coklat. Pada fase larva kutu daun memiliki tubuh yang transparan.

Penyebaran kutu daun sangat cepat, meraka melepaskan jumlah telur yang sangat banyak sehingga apabila lambat dikendalikan dapat menyebabkan kegagalan panen hingga 90%. Aphid atau kutu daun juga dapat menyebabkan daun menjadi keriting kekuningan berbentuk mosaik karena membawa/vektor virus seperti CMV dan ToMV.

Semut Diundang Oleh Kutu Daun, Simbiosis Mutualisme!

Simbiosis mutualisme antara semut dan kutu daun membawa interaksi yang sangat kuat, bahkan hubungan jangka panjang antara dua spesies biologis yang berbeda. Menurut wikipedia, Simbiosis mutualisme merupakan hubungan antar individu spesies yang berbeda di mana kedua individu saling diuntungkan.
Semut melindungi kutu daun dari serangan predator (kumbang koksi), source: youtube
Perhatikan apabila terdapat semut pada tanaman cabe, bisa dipastikan kutu daun juga terdapat tidak jauh dari rombongan semut yang berkumpul. Kutu daun adalah serangga yang tidak bisa terbang dan berukuran sangat kecil. Jadi semut ini akan memberikan perlindungan dan membantu kutu daun bergerak leluasa ke semua bagian tanaman lainnya.

Sebagai timbal balik, hasil sekresi kutu daun berupa embun madu akan di ambil oleh semut sebagai makanan. Hasil sekresi kutu daun berupa embun madu rasanya manis sehingga sangat disukai semut.

Video mengenai Simbiosis Antara Aphid (Kutu daun) dengan Semut dapat ditonton di channel youtube berikut ini
Video simbiosis mutualisme antar semut dan kutu daun

Pengendalian

Cara terbaik dalam pengendalian hama adalah mengambil langkah pencegahan. Anda bisa membaca artikel-artike di blog ini sebelumnya melalui link di bawah ini


Pengendalian hama kutu daun secara organik dapat disemprotkan sebelum hama menyerang. Apabila sudah menyerang, pestisida nabati dapat disemprotkan di permukaan daun bagian atas dan bawah dengan hati-hati. Pastikan permukaan daun benar-benar basah.

Jika kondisi tanaman cabe sudah rusak parah ditandai daun keriting dan mozaik kekuningan, maka tidak ada jalan lain, anda harus memusnahkan tanaman yang terserang dan menanam dari awal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Semut Sering Berkumpul di Tanaman Cabai?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel