Deskripsi dan Keunggulan Varietas Cabe Merah Keriting TM999

Cabe keriting termasuk komoditas hortikultura yang paling banyak diminati di pasaran. Meskipun harganya kadang anjlok, tapi petani lebih sering menerima untung dengan menanam cabe keriting.

Salah satu jenis varietas cabe merah keriting yang sampai saat ini masih populer di kalangan petani yaitu varietas TM999 dari PT Tani Murni Indonesia. Berdasarkan informasi, cabe keriting TM999 memiliki banyak kelebihan contohnya umur panen genjah, buah tahan simpan dan toleran terhadap penyakit antraknosa.

keunggulan tm999
Varietas TM999 oleh PT Tani Murni Indonesia

Deskripsi Singkat Varietas TM999

Varietas TM999 diresmikan oleh izin kementan Nomor 292/Kpts/SR.120/7/2005. Merupakan golongan tanaman hibrida dari varietas TM93X dan cocok di tanam di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Bentuk tanaman tegak dengan tinggi sekitar 110-140 cm membentuk kanopi bulat.TM999 memiliki kelopak bunga berwarna hijau sedangkan mahkota bunga berwarna putih, kotak sari yang berada di dalam kelopak bunga berwarna ungu.

Buah CMK TM999 memiliki bentuk ramping dan meruncing pada bagian ujungnya. Warna buah hijau mengkilat saat muda dan merah saat matang. Panjang buah berkisar 15-17 cm berdiameter antara 0.6-0.8 cm dengan berat rata-rata perbuah 6-7 gram.

Keunggulan dan Masa Panen CMK TM999

TM999 memiliki keunggulan umur panen yang genjah yakni sekitar 80 hari setelah tanam. Selain itu tanaman ini terbukti tahan terhadap penyakit antraknosa dan bisa di tanam pada iklim dataran rendah, menengah dan tinggi. 

Pertumbuhan tanaman cabai keriting TM-999 terkenal cukup bandel. Perbungaannya berlangsung secara terus-menerus sehingga dapat dipanen dalam jangka waktu yang panjang. Untuk hasil, TM999 terbilang produktif dengan produktivitas panen antara 0,8-1,2 kg per tanaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Deskripsi dan Keunggulan Varietas Cabe Merah Keriting TM999"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel