Tanaman Layu dan Lemas Karena Lupa Disiram? Begini Cara Menyelamatkannya

Mudik lebaran merupakan momen yang kita tunggu-tunggu. Adakalanya saat mudik kita meninggalkan tanaman kesayangan di rumah tanpa seorangpun yang menyiram. Akibatnya saat pulang dari mudik tanaman sudah kering dan layu seolah-olah mati.  Haruskah kita panik? tenang, di blog ini saya bagi solusi mengatasi masalah tersebut. Caranya ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Tanaman layu, ilustrasi

Cara Memulihkan Tanaman Stres Akibat Kekeringan

1. Segera pindahkan tanaman ke tempat yang teduh beserta potnya.

2. Pangkas 15-20% dari total ukuran pohon. Pangkas pula cabang-cabang yang terlihat tua dan rusak. Buang juga daun yang terlalu matang terutama di bagian bawah tanaman. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyerapan air ke tunas dan mengurangi penguapan.

3. Gemburkan tanah untuk memperbaiki proses penyerapan dan masuknya air ke dalam tanah. Ditujukan juga untuk meningkatkan kualitas drainase media tanam

4. Lakukan penyiraman dengan cara mengguyur media tanam dengan air yang banyak hingga air keluar dari lubang pembuangan pot. Pastikan tanah benar-benar lembab, hindari terlalu banjir. Pada beberapa kasus, media yang terlalu banjir akan menyebabkan akar mati dan akan timbul masalah baru

5. Tempatkan mulsa organik di atas permukaan media tanam seperti sabut kelapa. Lebih mudah, gunakan kompos yang sudah matang. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelembapan di dalam tanah untuk waktu yang lama. Karena itu, akarnya bisa menyerap air secara perlahan.

6. Tanaman dibiarkan di bawah naungan setidaknya sampai satu minggu.  Ketika tanaman sudah mulai tampak stabil, boleh langsung ditempatkan ke tempat semula di bawah sinar matahari. .

7. Proses penyelamatan selesai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanaman Layu dan Lemas Karena Lupa Disiram? Begini Cara Menyelamatkannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel