8 Tips Mudah Mencegah Datangnya Hama Kutu Kebul

mengendalikan kutu kebulPernah melihat bagian bawah daun atau batang tananam berwarna putih seperti ditumbuhi jamur? jika pernah tanaman yang anda lihat bukan karena diserang jamur, tapi kutu kebul atau mealy bug. Kutu kebul meskipun merupakan serangga hama pengisap getah tanaman yang dapat menyebabkan kerugian hasil yang sangat tinggi. Perkembangan populasinya apabila tidak cepat dikendalikan akan berdampak buruk pada seluruh tanaman di kebun.



Pada tanaman cabe, keberadaan kutu kebul lebih mengkhawatirkan lagi, kutu kebul merupakan salah satu hama yang dapat menjadi vektor virus. Apabila virus sudah terinfeksi ke dalam jaringan tubuh tanaman maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan petani kecuali mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang.

Baca Juga:


Cara Pengendalian Teknis Untuk Hama Kutu Kebul

Pengendalian secara teknis untuk mengendalikan kutu kebul dapat dilakukan dengan menerapkan 8 hal berikut:

  • Hal utama yang perlu dilakukan adalah pencegahan pada tahap awal. Periksa bibit sebelum membeli/pindah tanam, apabila bibit dalam keadaan sehat penanaman bisa dilanjut. Namun apabila tanaman menunjukkan tanda-tanda serangan kutu kebul maka harus dipisahkan dan secepatnya dikendalikan.
  • Selalu perhatikan tanaman terutama di bagian bawah daun agar lebih mudah bagi untuk melacak kehadiran kutu kebul sejak dini
  • Hindari menyiram terlalu basah. Penyiraman yang berlebihan tidak hanya menyebabkan akar busuk, tetapi juga membuat kondisi lingkungan yang ideal bagi habitat kutu kebul untuk berkembang biak.
  • Pangkas rantin untuk tanaman buah yang rimbun. Jangan membuat tanaman/pohon buah terlalu rimbun di sekitar kebun karena membuat tempat yang idal bagi kutu kebul untuk berkembang biak dan menyerang tanaman lain.
  • Siapkan campuran larutan bawang putih dan sabun pencuci piring untuk mencegah kutu kebul. Semprotkan larutan tersebut pada seluruh tanaman terutama pada bagian daun setiap 3 hari sekali. Selain mencegah dan menghancurkan koloni, semprotan racun buatan sendiri ini dapat mencegah serangga hama dan jamur lain.
  • Gunakan air yang telah dicampur dengan sabun pencuci piring. Semprotkan pada bagian yang diserang. Semprotan ini mampu menyingkirkan koloni kutu kebul meskipun banyak.
ladybug

  • Jika Anda menemukan serangga kumbang seperti kura-kura bertotol jangan dibunuh. Serangga itu disebut kumbang koksi atau ladybug yang memangsa kutu kebul sebagai makanan. Atau dapat dikatakan sebagai musuh alami hama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Tips Mudah Mencegah Datangnya Hama Kutu Kebul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel