Campuran Media Tanam Untuk Pot Atau Polybag yang Tepat

campuran media tanam
 seledrinmedia polybag
Menanam tanaman dalam pot atau polybag seperti cabe, terong, tin atau tanaman lain memiliki kelebihan tersendiri. Selain memudahkan perawatan, media tanam polybag mudah dipindahkan ke tempat yang kita sukai.

Salah satu faktor kesuksesan menanam tanaman dalam polybag atau pot adalah campuran media tanam yang kita gunakan. aya akan menjelaskan tiga formula yang biasa digunakan oleh pembibitan pembibitan dalam menanam tanaman mereka di dalam pot.

Berdasarkan pengalaman, setidaknya media tanam pot harus memiliki 3 jenis bahan ini, yaitu tanah top soil, bahan organik dan pasir. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu.

Tanah Top Soil

Tanah top soil merupakan tanah bagian atas yang masih mengandung bahan organik atau yang biasa kita sebut humus, berada pada permukaan tanah hingga menembus kedalaman 10 cm atau horizon O tergantung jenis tanahnya. Tanah top soil memiliki keunggulan dalam menyediakan nutrisi bagi tanaman dan kemampuannya dalam menyimpan air. Humus terbaik dapat diperoleh di hutan yang kaya bahan organik.

Bahan Organik

Bahan organik berfungsi sebagai pemasok nutrisi dan meningkatkan kesuburan media tanam.
Contoh bahan organik yang mudah didapat adalah pupuk kandang dan kompos

Sekam Bakar

Sekam berfungsi memberi ruang rongga pada campuran media tanam dan memberi ruang bagi akar untuk tumbuh dengan baik sehingga bisa menyerap oksigen dengan baik. Kenapa harus sekam bakar? media sekam bakar lebih steril dan mengandung unsur karbon yang dibutuhkan mikroba memguntungkan sebagai sumber energi. Selain itu, pH sekam bakar netral sehingga dapat menekan kemasaman tanah.

Jika tidak ada sekam bakar alternatifnya bisa diganti dengan apsir. Pasir juga sangat cocok cocok untuk memperbaiki aerase dan drainase media tanam.

Setelah kita mengetahui ketiga bahan campuran tersebut mari kita langsung masuk ke formulasi campuran media tanam polybag.

Formulasi Campuran Media Tanam Pot dan Polybag

Formula 1: Campuran Tanah 3: 2: 1

Formula 3: 2: 1 paling banyak digunakan pada polybag pembibitan untuk tanaman pot. Rasio 3: 2: 1 secara berurutan yakni tanah topsoil, bahan organik dan sekam/pasir.

Formula ini cocok untuk semua jenis tanaman termasuk sayuran, buah dan bunga.

Formula 2: Campuran Tanah 2: 1: 1

Campuran 2: 1: 1 cocok untuk tanaman sayuran. Komposisinya 2 tanah atas, 1 kompos, 1 sekam bakar/pasir. Bahan ini mampu memberikan nutrisi dan daya serap air yang baik untuk tanaman buah dalam pot.

Formula 3: Campuran Tanah 1: 1: 1

Campuran tanah 1: 1: 1 cocok untuk tanaman hortikultura seperti cabe. Kita bisa menggunakan campuran ini untuk menanam tanaman sayuran buah seperti cabe dalam polybag.

Itulah panduan mengenai Campuran Media Tanam Untuk Pot atau Polybag yang tepat. Jika ada pertanyaan silahkan menulis komentar di bawah ini untuk didiskusikan lebih lanjut. Salam kebun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Campuran Media Tanam Untuk Pot Atau Polybag yang Tepat"

  1. artikelnya oke mas buat pemula yang ingin belajar menanam (berkebun), so, apakah semua permukaan tanah itu bagus untuk diolah mas, kaya tanah merah misalkan...? maklum tanah dikami tanah merah semua mas..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel