5 Langkah Untuk Menjaga Kesuburan Tanah Kebun

Tanah kebun yang subur adalah kunci untuk mendapatkan hasil tanaman yang baik dan sehat pula! Dengan lima langkah mudah, anda bisa mendapatkan kualitas tanah kebun yang lebih baik pada tahun ini. Apa saja 5 langkah tersebut, mari kita simak.

1. Analisis/Uji tanah
Uji kualitas tanah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti kondisi di mana tanaman anda berdiri, baik dari segi pH-nya, kandungan bahan organik dan kapasitas tukar kation, hal ini berhubungan langsung atas tersedianya nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tanaman. Uji tanah sangat penting untuk memeriksa kemajuan ataupun kemunduran dari kesuburan tanah itu sendiri. Ketika sudah bertahun-tahun tentu kondisi tanah akan sering berubah dan untungnya kita sudah mendapat hasil uji tanah sehingga dapat dengan bijak menentukan sikap yang bisa diambil.

2. Minimalkan penggunaan pupuk kimia dan beralih ke pertanian organik
Ada banyak sekali bahan kimia yang terbuang sia-sia seperti pupuk dan pestisida yang dalam hal ini dapat menyebabkan masalah lain. Bahan-bahan kimia yang berlebihan dapat menjadi residu dan itu sangat tidak baik bagi kesuburan tanah. Cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan hara dan mineral dalam tanah adalah dengan menggunakan pupuk dalam jumlah yang benar sesuai dengan hasil analisis tanah, atau lebih baik gunakan pupuk organik dan sebagainya sebagai bahan pembenah tanah. Bahan-bahan organik memang tidak tersedia dalam tanah dalam waktu cepat atau bersifat slow-release, namun keuntungannya memungkinkan hara dapat tersedia dalam jangka waktu yang panjang di tanah -sustainable agriculture.

3. Tambahkan Kompos
kompos yang baik harus ditambahkan ke tanah kebun setiap tahun. kompos harus sudah matang dan sudah memenuhi syarat sebagai kompos sepenuhnya. Untuk membuat kompos anda dapat melihat artikel saya sebelumnya di blog ini

4. Jangan biarkan tanah terbuka
Tanah yang sudah disiapkan untuk ditanami sebaiknya jangan dibirakan terbuka, tanah yang terbuka dapat membuka kesempatan bagi erosi dari hujan dan angin, matahari juga dapat membakar bahan organik sehingga kesuburan menurun. Setiap kali Anda melakukan persiapan lahan, usahakan untuk menutupi tanah baik dengan cover crop, mulsa atau penutup fisik lainnya, seperti terpal untuk mempertahankan kesuburan tanah anda.

5. Seringlah menambahkan bahan organik
Sumber besar bahan organik dapat diperoleh dari sisa tanaman termasuk jerami, tanaman penutup dan bahkan serpihan kayu, tetapi hanya membantu apabila digunakan dengan benar. Jangan menambahkan serbuk gergaji secara langsung untuk kebun sayur meskipun serbuk gergaji merupakan salah satu bahan organik. Serbuk gergaji dapat mengunci nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sayur. Juga, usahakan untuk menambahkan bahan organik kering setidaknya empat bulan sebelum tanam agar tidak mengikat nutrisi.

Referensi: HobbyFarms

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Langkah Untuk Menjaga Kesuburan Tanah Kebun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel