Menyelami Harta Karun Laut di Bunaken, Manado

Jalan-jalan yuk ke Indonesia Timur. Lokasi paling asyik dari Coral Triangle. Ya, kita jalan ke Sulawesi Utara. Manado, adalah tujuan utama dari wisata diving, lebih tepatnya Taman Nasional Bunaken. Keindahan alam bawah lautnya, mampu memanggil wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Keragaman biota lautnya sangat menarik untuk dinikmati secara visual, dan dipelajari.

Mengunjungi keragaman wisata di Manado tentu menjadi pengalaman menarik yang harus Anda coba. Jika Anda berasal dari daerah seputaran Pulau Jawa, maka sarana transportasi menjadi hal utama yang harus Anda siapkan. Pesawat adalah sarana penting menuju ke Manado. Tentunya ada beragam pilihan maskapai.

Sriwijaya Air adalah salah satu maskapai yang memiliki rute penerbangan ke Manado. Info pentingnya, tiket pesawat Sriwijaya termurah tersedia di Traveloka. Lakukan pemesanan segera dari jauh hari dan Anda akan dapatkan tiket pesawat Sriwijaya online sesuai dengan pilihan dan kebutuhan. Anda juga akan menemukan beragam promo harga menarik.

Pesawat Sriwijaya Air. Sumber : thepresidentpostindonesia.com

Taman Nasional Bunaken berlokasi di ujung utara Pulau Sulawesi. Luasnya sekitar 890,65 km2. Sedikitnya sekitar 3% saja bagian Taman Nasional Bunaken yang merupakan wilayah daratan, meliputi pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain, Silanden. Sementara sisanya, yakni 97% berupa lautan dengan taman lautnya yang menawan.

Taman Laut Nasional Bunaken terkenal memiliki lautan yang jernih. Di saat musim kemarau, jarak pandang dalam air bisa mencapai radius 35 meter. Keragaman biota lautnya memang menakjubkan. Ada 70 golongan koral laut di Bunaken, lima spesies penyu laut yang berbeda, beragam jenis ikan.

Hingga hampir 70% jenis ikan di area lautan indo-western laut pasifik yang ada di sini. Sering juga tampak Hiu moncong putih dan Hiu moncong hitam. Lokasi ini juga merupakan rumah yang nyaman bagi ikan dugong/duyung. Banyak juga ikan barracuda dan ikan tuna dan lain-lain.

Nudibranch di Bunaken. Sumber : mindmaker Wikipedia.org

Taman Laut Bunaken memiliki hingga 20 titik penyelaman. Kedalamannya bervariasi hingga mencapai sekitar 1.300 meteran. Ada sekitar 12 titik selam, diantaranya terdapat di sekitaran Pulau Bunaken. Berjajar panjang dari tenggara hingga barat laut pulau-pulau yang juga memiliki keindahan pemandangan alam.

Disinilah sering disebut sebagai under water greatwall atau hanging wall dikarenakan adanya karang laut yang menjulang tinggi secara vertikal dan melengkung. Di titik karang laut ini juga merupakan sumber makanan dari hewan-hewan laut.

Menurut informasi dari warga setempat, bulan yang paling tepat untuk melakukan penyelaman adalah bulan September dan Oktober. Pada bulan tersebut, lautan sedang jernih-jernihnya di Bunaken.

Selain Bunaken, ada juga daerah tujuan wisata taman bahari yang lain di sekitaran Manado, yaitu Pulau Lembeh. Pulau ini berada dalam lingkup Kota Bitung. Di selat Lembeh bahkan ada sekitar 88 titik penyelaman. Ada banyak titik-titik menyelam yang indah di sini, namun titik selam terindah adalah spot Angel Window, Nudi Retreat, Jari-jari, Tanjung Kubur, dan Air Prang. Ada juga kapal-kapal karam yang berubah menjadi rumah bagi hewan laut, sangat unik dan cantik.


Pulau Lembeh cantik. Sumber : notetraveling.net

Di Pulau Lembeh telah banyak hotel dan resort menawan, dan rata-rata semua telah menyediakan fasilitas diving lengkap bersertifikat PADI. Sayangnya, di selat Lembeh ini belum seterkenal Bunaken untuk wisatawan dalam negeri. Tapi jangan salah, sudah cukup banyak juga wisatawan asing yang datang ke sini untuk menikmati keindahan dan keeksotisan alam bawah laut di Selat Lembeh.

Keanekaragaman hayati di sini juga tak kalah dengan Bunaken. Tapi sayangnya karena Pulau Lembeh tidak termasuk kawasan Taman Nasional, jadi banyak penjarah kapal karam untuk mengambil besi-besi dari kapal karam. Di Pulau Lembeh, banyak mahluk-mahluk laut kecil nan cantik yang bisa menjadi obyek fotografi macro.

O, iya, bila ingin memotret bawah laut, baik Bunaken atau Lembeh, atau di mana pun, Anda harus mempersiapkan peralatan dan caranya dengan baik.

Berikut ini tips fotografi bawah air yang perlu Anda ketahui
- Anda harus bisa menyelam karena hal ini penting. Menyelam tak hanya untuk kepentingan dan keselamatan diri sendiri saja tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan karang laut.
- Anda harus melihat kondisi lingkungan, saat melakukan fotografi bawah laut, Anda harus waspada karena beberapa hewan air dapat mendatangkan bahaya.
- Anda harus memilih kamera yang sesuai. Apakah hendak menggunakan ponsel, kamera dslr, atau kamera aksi (action cam). Dalam kondisi laut yang lebih dalam, membutuhkan kamera yang lebih bagus spesifikasinya. Ini berkaitan dengan tekanan air. Anda juga harus mempersiapkan housing kamera Anda sebagai pengaman dari kerusakan akibat terkena air laut. Dan juga tak semua jenis kamera mampu dipakai sebagai alat fotografi bawah air.
- Semakin dalam Anda menyelam, semakin Anda membutuhkan strobe/flash, karena semakin dalam menyelam, semakin gelap. Selain itu, Anda juga harus paham teknik strobe bawah air.
- Jangan lupa setting kamera sesuai kebutuhan. Tentukan jenis fotografinya, apakah macro photography untuk memotret mahluk laut yang kecil namun cantik, atau wide photography untuk memotret pemandangan landscape bawah laut. Hal ini terkait dengan penentuan lensa serta penentuan jenis housing kamera. Setting juga white balance, aperture, serta speednya.
- Anda harus bisa merespon dengan cepat, namun tetap berhati-hati. Foto bawah laut itu memotret momen. Tak selalu muncul momen yang tepat. Tapi bila cepat tanpa berhati-hati juga bisa membahayakan diri Anda sendiri, jangan lupa, Anda juga harus menghitung waktu, sampai seberapa lama tabung oksigen bisa bertahan.

Tak semua hal di atas harus Anda lakukan, hanya saja perhatikan poin penting yang juga dilakukan saat liburan di sana. Beberapa hal juga bisa Anda abaikan. Foto bawah laut yang tak terlampau dalam untuk daerah Indonesia masih tetap bisa di lakukan. Cukup snorkeling saja, Anda sudah bisa menemukan keindahan alam bawah laut di Indonesia ini. Laut Indonesia memang kaya dan indah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to "Menyelami Harta Karun Laut di Bunaken, Manado "

  1. Bunaken, teman ada yang sudah ke sana. Memang bagus seperti yang dia ceritakan.
    Wah, ada tips yang jarang diulas nih. Tips menotret di dalam air. Thanks tipsnya.

    BalasHapus
  2. Ada 5 species penyu, emang apa aja mas? Setahuku cuma penyu laut yang berumur 100 tahun (korban finding nemo) haha

    Dugong itu mirip putri duyung ya?, apa bentuknya sama kayak putri duyung di tivi?

    Meskipun belum pernah ke Bunaken apalagi naik pesawat, dengan membaca tulisan di atas bisa disimpulkan kalo di sana ada pemandangan bawah air yang indah dan bisa foto-foto juga.

    Dan tips yang mas berikan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

    BalasHapus
  3. wah bunaken ya, kapan saya bisa kesana??

    dugong itu apaaan ya? bapaknya putri duyung kah ???
    eh ajarin nyelam napa , biar bisa melihat keindahan alam bawah laut gitu :3

    BalasHapus
  4. wih banyak juga spot yang menarik, semoga banyak pengunjung yang datang tapi tetap menjaga kelestarian laut Bunaken :)

    BalasHapus
  5. Wisata alam Indonesia bagian timur emang indah-indah banget. Suaru hari saya harus bisa kesana 😁 Manado boleh juga masuk salah satu bucket list saya nih

    BalasHapus
  6. Gue baru tau klo dugong itu sembutan lain buat penyu.
    Ini klo spotnya sbnyak ini mah, ga ckup satu atau dua hari
    Yg pnting klo motret, pastiin aja dulu bawa kamera yg tahan air gtu. Ehe

    BalasHapus
  7. Dari sd udah tau soal bunaken tapi gak pernah ke sana. Kalo liat2 foto orang yg pernah ke sana sih emang bagus banget untuk diving. Kamera sekarang udah banyak banget, tapi kayaknya mending action cam deh kalo untuk kegiatan nyelam2 gini..

    BalasHapus
  8. Wah, gue pingin banget ke Bunaken! bahkan, ini adalah salah satu bucket list gue. gue suka banget berenang dan pingin bisa menilik kekayaan biota laut walo gue nggak bisa diving tapi at least nyoba snorkling. SERU bangettt!! Semoga one day gue bisa ke sana ya!

    BalasHapus
  9. Jangankan diving, snorkeling aja belum pernah :D.

    Tinggal di daratan yang lumayan jauh dari laut, ya begitulah.

    Oh iya, kalo tempat seperti ini ada orang yang menyediakan jasa peminjaman kamera gak ya? Atau kita bawa kamera sendiri?

    BalasHapus
  10. Musti belajar renang lagi nih, udah lama nggak renang. Trus snorkling, lanjut diving, hehe. Bunaken emang udah terkenal banget jd objek wisata, someday soon smoga bisa ke sana :)

    BalasHapus
  11. Airnya jernih banget coy..
    Jadi pengen nyelem lagi, sama mraktekin tips fotografi bawah airnya. Belum pernah soalnya hehe

    BalasHapus
  12. Pengin banget ke Bunaken, kalau lagi ngajar di sekolah tentang wisata bawah laut pasti ingat Bunaken, banyak ikan dan terumbu karang yg bagus2

    BalasHapus
  13. Ini nih tempat impian.. pengen banget snorkeling disini. Kekayaan bawah laut di bunaken memang terbilang melimpah makanya punya impian bisa kesini suatu hari nanti. Makin ngiler nih liat postingan ini hihihi :D

    BalasHapus
  14. pengen banget bisa menyelam..
    tapi apalah daya kita yang hanya bisa mengapung.. hihihi
    serius, pengen banget ngelihat bawah laut bunaken..

    BalasHapus
  15. dari dulu cuma bermimpi pergi ke bunaken :( huft
    lihat gambar2nya bunaken tambah makin baper gue -_-

    BalasHapus
  16. ya Allah, seumur-umur idup di negri ini belom pernah ninggalin pulau jawa... menyedihkan sekali :/ Jadi kepingin belajar nyelam. Beruntung yah yang bisa berenang dan nyelem...gue bisa paling cuma gaya batu doang.. -_-

    BalasHapus
  17. Asique, Manado memang Indah. Palagi Taman Bunaken, pemandangan bawah lautnya pengen bikin pindah rumah kesana aja *krik krik

    Tips fotografi bawah laut-nya bermanfaat, semoga suatu saat bisa selfie-selfiee sambil nyelem, pasti seru. Hueheue

    BalasHapus
  18. Beuh pemandangannya keren banget... :)
    Semoga bisa kesana juga...

    Thank ya tips fotografi bawah air yang perlu Anda ketahui... Jadi tahu nih :)

    BalasHapus
  19. BUnaken dari dulu emang udah terkenal biota lautnya sih. INdonesia timur terutama, banyak banget biota laut yang bisa dieksplore.. dulu aja sampe ada yang nikah didalam bunaken bukan?

    BalasHapus
  20. Thank banget gan info tentang tips fotografi yang udah di sharenya.. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  21. Indonesia masih menyimpan berbagai tempat indah ya ? ya salah satunnya di bunaken ini.Ngeliat airnya yang jernih aja udah bikin gue takjub.

    BalasHapus
  22. Indahnya Indonesia sudah bukan rahasi umum ya. setiap daerah memiliki alam yang indah dan memiliki Khas masing-masing

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel