Mengendalikan Hama Serangga dengan Beauveria Bassiana

infeksi beauveria bassiana
Pernah dengar istilah insektisida biologi/hayati? insektisida hayati adalah salah satu jenis insektisida berupa agens hayati untuk mengendalikan OPT jenis serangga. Salah satu agens hayati yang paling efektif dalam mengendalikan hama serangga yaitu Beauveria bassiana.
jamur beauveria bassiana Infeksi oleh Beauveria bassiana

Apa itu Beauveria bassiana?
Beauveria bassiana merupakan salah satu jenis cendawan entomopatogen yaitu cendawan yang dapat menyerang dan menimbulkan penyakit pada serangga. Cendawan ini termasuk ke dalam filum Ascomycota, kelas Sordariomycetes, ordo Hypocreales, famili Clavicipitaceae, dan genus Beauvaria (wikipedia). Secara alami Beauveria bassiana dapat ditemukankan di dalam tanah berwarna putih dan hidup sebagai saprofit. Tumbuh baik pada tanah lembab dan suhu < 30 derajat celcius.

Serangga apa saja yang menjadi target Beauveria bassiana?
serangga terkena beauveria bassiana Serangga yang terinfeksi B. bassiana

Sebagai jamur entomopatogen diketahui ada lebih dari 175 jenis serangga yang menjadi inang Beauveria bassiana. Pada tanaman padi, B. bassiana efektif dalam mengendalikan hama walang sangit dan wereng coklat. Pada sayuran hama aphis seperti kutu daun dan kutu kebul juga dapat menjadi inang jamur BB. Selain itu hama ulat, belalang, jangkrik dan semut merah juga dapat dikendalikan oleh jamur ini.

Cara infeksi Beauveria bassiana ke Serangga
Beauveria bassiana akan menginfeksi setelah terjadi kontak langsung dengan serangga inang baik melalui kulit, saluran pencernaan atau bagian tubuh lainnya. Setelah terjadi kontak, inokulum B. bassiana akan membentuk tabung kecambah kemudian masuk ke dalam tubuh inang lalu bereproduksi dan berkembang di dalam tubuh inang. Lama kelamaan jamur akan menyebar dan menyerang seluruh jaringan tubuh inang sehingga menyebabkan serangga inang sakit. Setelah tubuh inang melemah, miselia dari B. bassiana akan mulai keluar dari tubuh inang dan menutupi tubuh inang dengan ciri berwarna putih, selang beberapa hari serangga inang akan mati dan tubuhnya mengeras seperti mumi.

mumi serangga terkena beauveria bassiana Mumi oleh B. bassiana

Serangga inang yang telah terinfeksi oleh B. bassiana dapat menularkan ke serangga lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Spora yang keluar dari tubuh maupun feses inang yang terinfeksi dapat menularkan B. bassiana pada serangga sehat, inilah yang disebut transmisi horizontal patogen.

Keuntungan menggunakan B. bassiana sebagai insektisida
Dalam pertanian organik, tentu penggunaan bahan-bahan kimia sintetik untuk mengendalikan OPT dihindari. Salah satu solusi alternatif adalah menggunakan agens hayati, sebagai jamur entomopatogen B. bassiana sangat efektif dalam mengendalikan berbagai jenis serangga. Karena sifatnya alami, maka tidak meninggalkan residu berbahaya pada hasil panen sehingga aman bagi konsumen dan ramah lingkungan. Kualitas produksi meningkat dan menekan biaya produksi sehingga petani dapat memperoleh keuntungan maksimal. Berdasarkan penelitian, B. bassiana bukan termasuk golongan jamur parasit bagi manusia.

Kerugian Beauveria bassiana pada serangga penyerbuk
Meskipun B. bassiana dapat mengendalikan serangga hama, namun jamur entomopatogen ini tergolong insektisida non-selektif, artinya jangkauan serangan terhadap jenis serangga target sangat luas, termasuk serangga penyerbuk ordo hymenoptera. Sangat tidak dianjurkan diaplikasikan pada tanaman buah-buahan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga. Tapi pada budidaya jenis sayuran organik lebih dianjurkan.

Aplikasi B. bassiana pada sayuran organik
Cara yang paling mudah untuk mengaplikasikan B. bassiana adalah dengan melakukan penyemprotan. B. bassiana banyak dijual di toko pertanian dalam bentuk serbuk, caranya dengan melarutkan 1-2 gram B. bassiana ke dalam 1 liter air lalu diseprotkan ke tanaman pada sore hari.

BVR NASA
Contoh produk B. bassiana dalam bentuk serbuk dari Nasa

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat jebakan serangga yang berisi feromon untuk memikat serangga di dalam botol lalu diberi B. bassiana, spora yang kontak langsung dengan serangga akan menyebabkan infeksi pada tubuh serangga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengendalikan Hama Serangga dengan Beauveria Bassiana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel