Teknik Mudah Membuat MOL dari Nasi Basi

Beberapa hari lalu saya sangat tertarik dengan salah satu saran dari teman saya untuk mulai mencoba membuat MOL atau mikroorganime lokal dari nasi basi. MOL merupakan sekumpulan mikroorganisme yang menguntungkan bagi tanaman sehingga dapat dikatakan sebagai pupuk mikroba. Mikroba-mikroba inilah yang nantinya digunakan sebagai dekomposer atau menyediakan hara penting bagi tanaman. Saat ini MOL sangat digandrungi oleh pengusaha pupuk sebagai bahan tambahan pembuatan pupuk kompos/kandang sehingga pupuk yang dihasilkan lebih berkualitas.

Pada artikel ini saya mencoba berbagi cara mudah membuat mol dari nasi basi. Nasi bekas yang sudah basi sudah tidak layak dimakan dan biasanya dibuang begitu saja. Namun apa jadinya jika nasi bekas dapat dikonversi menjadi bahan yang sangat berguna bagi tanaman. Salah satu kelebihan mol adalah tidak akan merusak lingkungan. Istilah keren zaman sekarang sustainable farming sehingga tidak berbahaya bagi manusia dan hewan. MOL dari nasi basi ini sangat berguna dalam hal mempercepat dekomposisi bahan organik pada media tanah secara alami. Larutan MOL mengandung mikroba dekomposer yang mampu untuk merombak bahan organik sampah hingga menjadi pupuk yang tersedia bagi tanaman.

Pembuatan MOL sederhana cukup dengan memanfaatkan nasi basi ditambah dengan larutan gula untuk fermentasi. Ada hal yang membanggakan jika kita menanam tanaman sendiri, merawat sendiri dan bahkan bahan pupuknya pun dibuat oleh tangan kita sendiri, seperti layaknya tanaman kandung, hehe. Ya langsung saja, dibawah ini alat dan bahan yang kita perlukan:

Alat dan Bahan
1. Nasi kira-kira 1 genggam atau secukupnya
2. Gula pasir 5 sendok
3. Botol plastik ukuran besar
4. Air
Cara pembuatan
1. Ambil nasi bekas lalu diletakkan pada wadah dan didiamkan selama 3-5 hari hingga muncul jamur berwarna orange.
2. Pada saat pendiaman nasi harus tetap lembab agar perkembangbiakan jamur lebih baik
3. Larutkan 5 sdm gula pasir dalam 1 liter air bersih lalu dicampurkan langsung dengan nasi yang sudah berjamur, bisa diremas-remas bersama nasi agar tercampur merata
4. Masukkan campuran bahan tadi ke dalam botol lalu ditutup
5. Buka tutup botol 2 hari sekali agar tidak meledak dan gas bisa keluar. Jangan lupa dilakukan pengocokan setelahnya
6. Setelah seminggu lebih, MOL siap digunakan ditandai dengan bau tapai yang keluar dari botol.

Cara Pakai
MOL dapat langsung diaplikasikan pada media tanam dengan cara dilarutkan dengan perbandingan MOL dan air yaitu 1 : 20. Artinya dalam 1 liter mol dilarutkan 20 liter air, 100 ml MOL untuk 2 liter air dst... bisa anda konversi sesuai kebutuhan. Aplikasi MOL sebagai pupuk bisa dilakukan 1-2 kali seminggu.

Cara Menyimpan Supaya Tahan Lama
Ada saran untuk menyimpan MOL agar aman dan tahan lama yaitu dengan cara membuat 1 buah lubang kecil di bagian atas botol dengan paku. hal ini dimaksudkan agar kita tidak kerepotan dalam membuka-tutup botol. Jangan lupa selalu menambahkan larutan gula pasir ke dalam botol sebagai nutrisi MOL.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Teknik Mudah Membuat MOL dari Nasi Basi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel