Cara Agar Benih Cabai Cepat Berkecambah

menyemai bibit cabai
Sampai saat ini perbanyakan tanaman cabai sering dilakukan secara generatif, yaitu dengan cara menyemai benih langsung ke media tanam. Perbanyakan secara vegetatif pada cabai jarang dilakukan, hal ini disebabkan karena pelaksanaannya yang dirasa cukup rumit dan kurang efisien.

Salah satu keuntungan perbanyakan dari biji adalah banyaknya jumlah tanaman yang diperoleh. Dalam satu buah kita bisa memperoleh banyak biji yang akan ditanam, bayangkan jika cabai diperbanyak dengan stek, mungkin hanya sekitar 3-5 batang yang bisa ditanam.

Namun ada sedikit kendala dalam memperbanyak secara generatif, khususnya pada benih cabai. Meskipun tergolong tanaman semusim, benih cabai membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sprout atau peristiwa pecahnya biji menjadi kecambah. Hal ini sudah saya buktikan sendiri dengan metode konvensional atau tanpa perlakuan. Kecambah baru muncul setelah 2 minggu sampai-sampai saya ragu benih tersebut bisa tumbuh atau tidak, sedangkan kita tahu bahwa dalam dunia berkebun ketika kita sukses mengecambahkan biji saja itu artinya kita sudah 1/3 jalan sukses dalam hal budidaya.


Setelah melakukan berbagai eksperimen, saya menemukan solusi terbaik agar benih cabai cepat berkecambah. Benih yang sebelumnya saya tanam secara konvensional bisa memakan waktu 2-3 minggu untuk berkecambah, namun setelah melakukan trik ini cabai saya mempu berkecambah dalam tempo 4-5 hari. Percaya tidak percaya kan?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perendaman benih dalam larutan bawang merah (baca: Membuat ZPT Organik) selama 24 jam. Saya akan memberikan testimoni saya mengenai 2 metode yang saya pakai untuk mengecambahkan benih cabai, yaitu Plastic Cover Method dan Oxygen Modification Method. Nama tersebut saya buat sendiri ya… jika di search di google mungkin hasilnya beda :D

Plastic Cover Method 

agar cabai cepat berkecambah
Baki Semai ditutup plastik

Seperti namanya, saya menggunakan plastic hitam sebagai penutup media. Prinsipnya yaitu baki berisi media dan benih ditutup menggunakan plastic hitam (kresek/mulsa). Media yang digunakan dapat berupa arang sekam atau tissue. Sebelum ditutup semprot terlebih dahulu dengan air agar media dan benih lembab. Kemudian diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari agar suhu di dalam media tetap hangat. Periksa media 2 hari sekali, apabila media mengering semprot kembali dengan air.
kecambah cabai
Benih cabai mulai berkecambah

Benih cabai sebagian sudah mulai sprout setelah 4-5 hari ketika saya menggunakan metode ini. Buka penutup agar bibit dapat tumbuh baik. 

Oxygen Modification Method
modifikasi oksigen
Metode Modifikasi Oksigen

Metode ini saya peroleh dari Balitmu Litbang Deptan untuk mengecambahkan benih papaya, namun saya terapkan pada benih cabai. Hasilnya sangat bagus, benih sudah sprout dalam waktu 3-4 hari meskipun tidak seragam. Caranya mudah, benih yang sudah direndam tadi dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran 1 kg lalu semprot dengan air sampai kelembaban di dalam plastic mencukupi. Plastik tersebut kemudian ditiup lalu diikat dengan karet atau tali, pastikan udara tidak keluar/bocor.
benih cabai
Benih berkecambah 3-4 hari

Dari kedua metode tersebut, silahkan anda pilih yang paling mudah menurut anda. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk jenis benih lain seperti terong dan seledri. Jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai hasil yang anda peroleh. Salam kebun!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Responses to "Cara Agar Benih Cabai Cepat Berkecambah"

  1. Gue baru tau ada banyak cara yg dilakukan untuk nanem cabe.

    Yang gue tau dari kebanyakan petani cabe ya dari biji nya. Itu sih.. Gue gak tau banyak masalah tanam menanam. Hehe



    BalasHapus
  2. waawwww..... tips yang bermanfaat banget buat yang punya hobi berkebun.

    sayang sih, di rumah aku gak punya lahan yang cukup luas buat berkebun. jadinya gak bisa praktik tips ini deh.. :'(

    BalasHapus
  3. Gue baru tau kalo nanem cabe itu prosesnya lama dan ini cara cepet biar berkecambah.

    Gue liat Ibu gue nanem cabe cuma dilempar ke tanah tapi tumbuh gede :'))

    BalasHapus
  4. Wah si keresek item itu yang emang sering dipake buat nutupin tanaman di perkebunan ya? Kalo gak salah inget sih gitu. Ternyata cara buat bercocok tanam cabe ini juga macem-macem ya. Lumayan lah nambah-nambah info. Siapa tau nanti bisa jadi pengusaha cabe. Lumayan cabe sering mahalnya :D

    BalasHapus
  5. Kalo gue sih nggk tau cara nanem cabe, kata bapak gue sih bijinya dikubur terus tau- tau tumbuh gede.

    Btw, gue kalo ngambil cabe ngambilnya di halaman rumah, jadinya nggk perlu jauh jauh kepasar hahahaha

    BalasHapus
  6. ternyata nanem cabe gak semudah yang gue kira, banyak juga tahapannya ya, ada juga jalan pintas tanamnya, keknya bermanfaat nih buat yang hobi berkebun.

    BalasHapus
  7. Busyeet .. banyak amat tahapan tahapan yang harus dijalanin . buh buh buh , gak nyangka kalo nanem cabe serumit ini !.

    By the way , harga cbe udah naik ? HA HA HA .Keren keren ada metode modifikasi oksigen pasti hasilnya bagus deh tuh .

    Piece :D

    BalasHapus
  8. Kreatif men! (y) Salut gue. Gue juga pernah nanam cabe, bukan cabe-cabean loh ya. Tapi ya gitu... Kadang teknik yang tidak seesuai bakal bikin tanaman tumbuh gitu2 aje

    BalasHapus
  9. Pas banget. beberapa hari ini aku iseng-iseng nanem cabe tapi cuma dimasukin tanah aja gitu, dan hasilnya gak ada yang numbuh.
    Sepertinya tips ini boleh dicoba nih kapan-kapan.

    BalasHapus
  10. Keren nih tipsnya, kebetulan lumayan suka tentang pertanian juga, dan alm bokap juga punya kebun jagung dan saat ini masih diteruskan.

    Ya dengan menerapkan cara yang gak biasa, mudah-mudahan ada banyak cara lagi yang dapat kita gunakan supaya mendapat hasil yang memuaskan...

    BalasHapus
  11. aku dulu pernah waktu SD-SMA ada praktikumnya menyemai cabai, tomat, sama tauge.. setelah baca ini jadi inget lagi, postingan yang sangat informatif, saya suka.

    BalasHapus
  12. weh jadi inget dulu pernah bikin praktek kek gini di skeolah tpi hasilnya gagal :( kecambahnya busuk, entahlah salah dibagian mana

    BalasHapus
  13. Jadi inget SD, dulu pernah praktek IPA kayak gini, tapi bedanya gue pake kacang ijo, dan berhasil karena dibantu nyokap hehe..

    Nah, gue jadi tau cara membuat cabe berkencabah. Kalo membuat cabe-cabean berkacambah lu tau gak bang?

    BalasHapus
  14. Wahh, dengan cara seperti itu kayaknya leih efisien dalam hal waktu yaa. bisa mempersingkat banget ya mulanya unuk menjadi kecambah membutuhkan waktu 2-3 minggu, tapi dengan cara tersebut bisa hanya 4-5 hari saja. keren banget dan bermanfaat juga tipsnya.

    BalasHapus
  15. saya kurang tahu menahu juga tentang menanam cabe ini .... (p)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel