Rincian Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare Selama Sebulan

Sebelumnya saya sudah pernah menulis artikel tentang Suasana belajar di kampung Inggris Pare, di artikel tersebut saya pernah berjanji akan menulis mengenai rincian biaya hidup di kampung inggris pare. Bagi kamu yang berminat belajar di Pare, komponen ini penting sebagai acuan berapa biaya yang akan kita keluarkan nantinya ketika sudah berada di pare. Rincian yang saya bagikan disini tidak termasuk ongkos transportasi ya… jadi semua murni biaya ketika kamu sudah berada di Pare. Apa saja sih? Okay, check it out!!!

Untuk rincian pertama adalah biaya kursus, beberapa kursus menyediakan paket terpisah untuk setiap program, mulai dari program speaking, pronounciation, grammar, listening, TOELF, IELTS dll. Namun ada juga yang memasang program terpadu + camp. Khusus untuk program kursus + camp estimasi biaya antara Rp. 800rb – Rp. 1 Juta. Setiap lembaga kursus tentu memiliki patokan harga yang berbeda-beda. Catatan: biaya camp tidak termasuk makan ya…

Untuk akomodasi, biaya makan disini cukup murah yaitu kisaran Rp. 3.000 ke atas, tergantung menu yang kita pilih, 5 ribu rupiah saja sudah cukup untuk membeli nasi telur, nasi pecel juga sama. Sedangkan untuk lauk berupa ayam goreng/bakar cukup merongoh kocek Rp. 8.000 untuk kelas warteg. Sebenarnya di Pare juga banyak makanan cafĂ©, tapi kamu harus merongoh kocek lebih dalam. Sekarang kita rata-ratakan saja biaya makan 6 ribu 3 kali sehari = Rp. 18 ribu/hari. 

Biaya selanjutnya sebenarnya pilihan, tapi cukup membantu apabila lokasi camp kamu cukup jauh dari kelas, yaitu sepeda. Di setiap sudut jalan Pare kamu akan dengan mudah menemukan tempat sewa sepeda. Bukan hal yang aneh mengingat sepeda merupakan kendaraan umum siswa Pare. Biasanya penyewa mematok harga sewa selama sebulan mulai dari Rp. 80 ribu untuk jenis sepeda biasa dan Rp. 100 ribu untuk jenis fixie. Tergantung selera masing-masing.

Ada biaya yang lain? Tentu, jika kamu memiliki jadwal yang padat kamu butuh laundry untuk cucian kotor kamu, ongkosnya berkisar Rp. 3000-Rp. 4000. Bagaimana dengan jajan? ya harganya cukup murah, mulai dari Rp. 5000 ke atas sudah cukup sebagai camilan. Tapi sebaiknya kontrol diri kamu sebelum membeli. Harga yang murah biasanya membuat kita menjadi boros, mentang-mentang murah hehe *pengalaman. Untuk internet jangan takut, di Pare biasanya camp menyediakan hotspot gratis, begitupula di kantin-kantin jadi kamu gak perlu takut akan koneksi kamu di dunia maya. Tapi bagi kamu yang membutuhkan mobilitas tinggi tentu pulsa internet Rp. 50 ribu menurut saya cukup. Sedangkan pulsa untuk menelpon keluarga, teman dll kita patok Rp. 100 ribu. 

Oke.. sekarang kita rincikan total keseluruhan yang harus dikeluarkan selama sebulan
Rincian  Total perbulan Catatan
Kursus+camp Rp. 900.000 Harga rata-rata termasuk camp, bisa berbeda di setiap lembaga kursus
Makan Rp. 540.000  Rp. 6.000 x 3 x 30 hari
Rental Sepeda Rp. 100.000 Sepeda jenis fixie durasi sebulan
Laundry Rp. 50.000 Cuci 12-13 kali perbulan, Rp. 4.000/kg
Pulsa + Internet Rp. 150.000 Tergantung kebutuhan masing-masing
Total Rp. 1.740.000

Biaya di atas belum bisa dijadikan patokan, nilainya dapat berubah bahkan lebih tinggi sesuai pola hidup masing-masing, semakin tinggi pola hidup maka biaya juga semakin besar, begitupun sebaliknya. Khusus bagi kamu yang hobi traveler biaya yang dikeluarakan mungkin akan jauh lebih besar dibanding biaya diatas mengingat kita harus menyewa travel dan lain-lain. Sekian dulu dari saya, semoga rincian diatas dapat menjadikan acuan kamu menentukan dana yang akan kamu butuhkan setibanya di kampung inggris Pare. See ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Rincian Biaya Hidup di Kampung Inggris Pare Selama Sebulan"

  1. dengan biaya 1,7 juta untuk sebuah pencapaian yang takkan bisa dicari di tempat lain jadi sebuah harga yang murah, apalagi jika ilmunya kelak bisa jadi bekal kita menjadi sukses

    BalasHapus
  2. Wiiihhh dari dulu pengen banget ke kampung inggris pare.
    Itu maksudnya setiap setiap program dari speaking, pronounciation, grammar, listening, TOELF, IELTS dll. pisah-pisah gimana?:3

    BalasHapus
  3. Wah membantu nih info.. baru bulan kemarin gue mau ke pare, tapi karena ada keperluan lain, jadi dipake dulu uangnya..

    BalasHapus
  4. lumayan juga ya,tapi dibanding ilmu yang akan didapet kalau netap sambil belajar di sana mah ga seberapa...
    jadi pengen belajar speaking nih aku

    BalasHapus
  5. keren keren sampe bisa nulis rinciannya,menarik dan bisa jadi inspirasi

    BalasHapus
  6. Manteb nih, ini yang gue tunggu, jadi bisa bikin perencanaan pas mau ke kampung inggris pare, terutama perencanaan keuangan hehe. lumayan murah juga sih, kalo kisaran pengeluarannya sekitar 2 jutaan, masih bisa nabung buat kesana semester depan, hehehe.

    gue baru tau kalo disana bisa nyewa sepeda, lumayan murah pula biaya sewanya perbulan, ada laundry juga, dan yang paling penting hotspot gratis, huehehe..

    BalasHapus
  7. Itu per-bulan, ya? Waaah... Jajanannya murah banget. Pengen dah kursus di sana :'D
    Lho aku baru tau lho ada rental sepeda. Ndeso amet aku.

    BalasHapus
  8. Info menarik,sedang kepikiran juga belajar di kampung inggris kayaknya ada juga di kediri.tapi kalo milih mending ke pare lebih deket, masih di sulawesi. Ini udah masuk tempat tinggal juga?

    BalasHapus
  9. ooh ternyata disana ada camp nya ya... saya tertarik banget, utk anak saya. makasih infonya ya...

    BalasHapus
  10. Cukup murah juga ya kang harganya kalau begitu mah jadi pengen nih ya walaupun harus tetap nyediakan uang lebih untuk mengatasi hal hal yang mendadak.

    BalasHapus
  11. Infonya berguna banget nih, untuk pengen study lebih dalam ttg b.inggris. dan biayanya cukup murah.

    BalasHapus
  12. Kampung inggris itu yang tiap hari tiap detik itu musti ngomong pake inggris yah, kalo gak didenda? ya kan ya? Seru yah cara belajarnya.

    BalasHapus
  13. Rp.1.740.000 kalau dipake buat shoping paling bisa dapet beberapa barang,,,, tapi klo dipake buat biaya kursus bisa lebih bermanfaat pastinya...

    BalasHapus
  14. Wah kepengen banget dari dulu... semoga ini bisa menjadi wawasan deh buat aku... soalnya gak lama nanti aku mau ambil khursus kesana... thanks ka infonya...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel