Membuat Naungan Semai Portabel dari Bambu

Dalam hal bercocok tanam media semai merupakan salah satu komponen terpenting, khususnya untuk jenis tanaman yang memang harus disemai sebelum ditanam di lapangan. Ketika kita menyemai di lapangan tentu akan banyak sekali gangguan, khususnya cuaca, gak mau kan semaiannya lari kemana-mana karena terpaan air hujan... Ya karena itulah dibutuhkan naungan sehingga tanaman untuk melindungi calon tanaman kita.

Disini saya iseng membagikan ide sederhana yang bisa dipraktekkan untuk membuat naungan dari bambu. Dalam hal ini yang kita perlukan adalah 1. Bambu, 2. Tali, 3. Golok/Parang, 4. Gergaji, 5. Paranet/Plastik bening/plastik UV/pelepah kelapa sebagai naungan, 6. Kopi (Opsional). Setelah semua sudah disiapkan langsung saja kita menuju proses pembuatannya

naungan bambu Naungan portable dari bambu

Setelah bambu terkumpul, buat dulu rangka bawah dengan menggunakan bambu pilih bambu yang tebal dan berat, 2 buah untuk ukuran 2,5 meter dan 2 buah untuk ukuran 1 meter atau bisa disesuaikan. Buat sedemikian rupa sehingga terbentuk persegi panjang datar, jangan lupa ikat dengan tali yang kuat. Rangka bawah telah selesai dibuat.

Kemudian kita buat rangka atap melengkung, kenapa harus melengkung? Yap, agar air hujan dapat mengalir ke bawah sehingga atapnya tidak akan menjadi tandon air. Belah bambu menjadi 4 bagian ukuran 1,5 meter atau disesuaikan, ambil bambu yang tipis atau yang masih muda sehingga mudah melengkungkannya. Buat setidaknya 5-7 buah supaya hasilnya nanti mantap. Ukurannya wajib sama agar hasilnya rapi. Ikat dengan rangka bawah sehingga hasilnya seperti gambar.

naungan sederhana Ikat rangka melengkung dengan rangka bawah

Yang ini masih rangka atap, tapi horizontal (gambar) Untuk membuat rangka atap horizontal, pilih bambu yang cukup tebal kemudian dibelah menjadi 3 bagian dengan panjang 2,5 meter atau disesuaikan dengan panjang rangka bawah tadi. Jadi memiliki 3 rangka atap horizontal. Rangka horizontal ini untuk memantapkan rangka atap melengkung yang akan kita buat nanti. Jika telah selesai... ikatkan dengan rangka horizontal.

membuat naungan semai Rangka Horizontal

naungan semai cabai Ikat dengan tali... kurang bahan jadi pake tali rafia --"

Untuk finishing, tinggal dipakaikan plastik bening/paranet untuk melindungi tanaman dari terpaan hujan dan panas berlebih. Naungan portable sudah siap digunakan.

naungan pelepah kelapa Contoh semaian cabai dengan naungan pelepah kelapa

Karena ini bersifat portable, maka rawan sekali melayang jika ada angin kencang. Tancapkan ke tanah atau diberikan pemberat agar tidak terbang. Sekian dulu, mohon maaf jika kurang jelas. Jika ada saran atau belum dimengerti silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Membuat Naungan Semai Portabel dari Bambu"

  1. wah, jadi dapet ilmu baru nih.. gue juga suka pake naungan semai kayak gini pas maen harvest moon :v

    btw, gue belom pernah bercocok tanam secara langsung sih, tapi bisa jadi referensi buat tanaman cabe nyokap yang ada di pekarangan rumah biar ga rusak karena cuaca sama gangguan binatang liar..

    BalasHapus
  2. Keren nih, bisa buat mempercantik halaman kebun, nggk nyanka bisa pake pelapah kelapa, karena setau gue cuma pake jaring doang

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bisa dapat ilmu baru :) walaupun gue belum bisa mendalami dunia bercocok tanam. cuman nenek gue paling hobi dengan tanam menanam. cuman yang gue liat, naungan yang dibuat oleh nenek gue agak beda karena sudah memakai seng pada bagian atasnya.

    Keren bang naungan semai portabel dari bambunya. Tapi kalau boleh saran, gambar tiap stepnya di perbanyak agar orang yang mau belajar bisa lebih paham bang :)

    BalasHapus
  4. Keren euy, nambah pengetahuan gue yang tinggal di komplek perumahan yang udah jarang banget ada tanaman, apalagi kebunnya :')

    Oiya step by step bikin kerangkanya kayaknya kurang tuh bang biar lebih jelas hehe.

    BalasHapus
  5. G pernah bercocok tanam langsung sih, paling banter main game hayday. Eh tapi dulu sempet coba tanem timun sama wortel. Bibitnya dari bonus majalah bobo, cuman ya itu.. Aku g ada bakat buat bercocok tanam, akhirnya g tumbuh deh :(

    BalasHapus
  6. hahaha. kok bentuknya jadi kaya keranda jenazah. Tapi keren, kreatif. Biasanya gue ikut pakde buat tanam padi disawah.

    Tapi jarang banget dia pake pelindung untuk semai bibitnya, biasanyadi tanam aja nggak dilindungi.gue juga kurang ngerti.

    Kalo bisa bang buat step demi stepnya lebih detail. langkah 1,2,3 dan seterusnya di sertai gambar. biar makin cucok.

    BalasHapus
  7. Kayaknya in ilmu bermanfaat banget lah bagiku, soalnya aku tinggal di kota dimana jarang banget tahu ada naungan macam itu. apalagi cara buatnya, malah makin nggak tahu haha.

    tapi setelah aku baca postingan kamu aku jadi tahu, oh ternyata membuat naungan tanaman itu seperti itu. BIsa menggunakan bahan yang sederhana saja yaa seperti dari bambu.

    BalasHapus
  8. Keren nih. Mau coba buat dulu.

    BalasHapus
  9. Aaaaak ini cocok banget dicoba di halaman depan rumah, hihihii
    Jujur belum pernah menyemai sih tapi kayaknya mudah ya, bahan2nya jg gampang dicari

    BalasHapus
  10. Wah, blognya bercocok tanam banget yaa. keren keren.. Tapi ini berlaku untuk semua tanaman atau enggak? soalnya aku sama sekali nggak ngerti dengan tanaman eh. hahaha

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel